Mengetahui 8P Dalam Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Saling Sharing Info - “Bauran pemasaran (Marketing Mix) adalah alat bagi pemasar yang terdiri atas berbagai unsur suatu program memasarkan yang perlu dipertimbangkan agar implementasi strategi dan positioning yang diterapkan dapat berjalan dengan sukses”.
.
Definisi diatas diperkuat oleh Djaslim Saladin, “Bauran pemasaran adalah serangkaian dari variabel  yang dapat dikuasai oleh perusahaan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam pasar sasaran”.
.
Dalam sebuah seminarnya di salah satu kampus ternama, Prof. Dr. Ir Ujang Sumarwan, MSc memberi tahu bahwa terdapat 8 elemen dalam Marketing Mix atau dikenal dengan 8P. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :
Product
1. Product
Produk dapat berupa barang atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan kepada konsumen. Produk itu sendiri harus memiliki unsur-unsur yang diperlukan agar menarik minat konsumen. Beberapa unsur tersebut diantaranya dapat memenuhi kebutuhan konsumen, berkualitas dan juga berguna bagi konsumen.
.
Price
2. Price
Price adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk memperoleh barang dan jasa. Harga merupakan elemen dari bauran pemasaran yang bersifat fleksibel, dimana harga dapat stabil pada suatu waktu tetapi juga dapat menurun ataupun meningkat. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penetapan harga oleh suatu perusahaan yaitu biaya produksi, keuntungan, dan perubahan permintaan pasar. Harga adalah satu-satunya elemen yang memberikan profit bagi perusahaan. Tetapi fungsi harga tidak hanya itu. Menurut Kotler dan Keller (2009), harga adalah elemen dalam bauran pemasaran yang tidak saja menentukan profitabilitas tetapi juga sebagai sinyal untuk mengkomunikasikan proporsi nilai suatu produk.
.
Place
3. Place
Place adalah tempat bagi suatu perusahaan untuk melakukan berbagai kegiatan agar produk yang dihasilkan mudah diperoleh dan tersedia bagi konsumen. Tempat tersebut juga berhubungan dengan distribusi yang menjamin agar produk mudah dijangkau oleh konsumen. Terdapat beberapa aspek dalam distribusi, yaitu:
.
Sistem Transportasi Perusahaan
Perusahaan harus dapat menentukan penggunaan alat transportasi terbaik sesuai dengan tempat yang dituju untuk mendistribusikan barang.
Sistem Penyimpanan
Perusahaan harus menentukan letak gudang dan juga jenis peralatan yang digunakan untuk mengelola penyimpanan barang.
Pemilihan Saluran Distribusi
Hal ini berkaitan dengan keputusan dalam penggunaan penyalur (pedagang besar, pengecer, agen) dan juga bagaimana menjalin kerjasama dengan para penyalur tersebut.
.
Promotion
4. Promotion
Menurut Kotler dan Keller (2009), promosi adalah berbagai cara untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang suatu produk atau brand yang dijual. Jadi, perusahaan harus dapat membuat suatu promosi yang baik agar konsumen mengenal dan mau untuk menggunakan produk dari perusahaan tersebut.
.
Process
5. Process
Process adalah suatu cara yang digunakan untuk menyampaikan jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Process itu sendiri juga mencakup bagaimana perusahaan menanggapi komplain yang disampaikan oleh konsumen dan bagaimana perusahaan dapat memenuhi permintaan konsumen sesegera mungkin.
.
People
6. People
People terdiri dari beberapa unsur, yaitu pendiri perusahaan, pegawai, customer service, dan juga kultur yang diterapkan oleh perusahaan melalui pegawai agar dapat berinteraksi dengan baik dengan konsumen. Kultur yang baik harus ditanamkan pada tiap pegawai karena ketika suatu perusahaan menawarkan jasa, tentunya interaksi yang baik dengan pelanggan sangat penting untuk membangun loyalitas dalam diri konsumen.
.
Physical Evidence
7. Physical Evidence
Physical evidence adalah suatu elemen yang mendukung perusahaan dalam bentuk fasilitas yang berhubungan secara langsung dengan konsumen, seperti gedung dengan interior yang rapi dan nyaman, kendaraan yang bagus dan  pegawai yang berpakaian rapi.
.
Productivity & Quality
8. Productivity & Quality
Produktivitas adalah sejauh mana efisiensi layanan yang dilakukan oleh perusahaan yang memberikan nilai tambah kepada kelompok. Kualitas adalah derajat suatu layanan yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Kamu juga bisa menonton video animasi ini disini :