Warna orange merupakan penggabungan dari warna merah dan kuning. Warna oranye memberi kesan hangat dan bersemangat. Warna ini merupakan symbol dari petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan dalam bersosialisasi. Warna oranye sebagai peleburan dari warna merah dan kuning, sama-sama memberi efek yang kuat dan hangat.


Namun sekedar catatan bahwa warna oranye juga dapat memberi kesan murah jika digunakan terlalu dominan, karena warna ini memberi kesan mudah untuk dijangkau. Warna yang baik untuk dipasangkan dengan warna oranye diantaranya adalah warna ungu atau biru karena akan memberi kesan unik dan berkelas.[1]

Nuansa orange dapat mencakup berbagai emosi, tetapi emosi yang paling mencerminkan orange adalah keberanian. Walaupun demikian, orange tetap cukup untuk membangkitkan gairah seperti yang dilakukan warna merah, tetapi tidak cukup gelap untuk menghasilkan ketenangan dan kehalusan. Orange akan menjadi warna yang baik untuk bisnis yang berani tetapi lebih ke pemasok mainan, hiburan, dll. Inilah beberapa contoh logo yang memiliki unsur orange didalamnya:



Orange sangat mudah digunakan untuk permainan kontras warna. Contohnya saja, jika anda memadukan warna orange dengan warna yang lebih gelap seperti biru atau ungu, anda bisa membawa nada warna ke daerah yang lebih serius.[2]

Terlepas dari itu, warna yang melambangkan keceriaan, kehangatan, persahabatan ini sangat cocok untuk logo “nickelodeon” dengan keceriaan anak-anak didalamnya.  Warna ini juga memiliki daya tarik yang kuat, karena mampu merangsang pandangan mata.



[1] https://erbinabaroes.wordpress.com/2013/06/24/arti-warna-dalam-ilmu-psikologi-lalu-apa-warna-kepribadianmu/
[2] http://blog.sribu.com/trik-psikologi-warna-pada-desain-logo/