cara menemukan usaha yang tepat

Saling Sharing Info - Banyak orang yang masih bingung mau usaha apa dan memulai dari mana. Hal itu karena banyak dari mereka belum mengenali tentang diri mereka sendiri. Oleh karena itu Saling Sharing Info akan memberikan 7 cara untuk menemukan bisnis yang cocok.

Baca Juga : 10 Alasan Kenapa Orang Ingin Berwirausaha

1. Kenali dan manfaatkan keahlian yang dimiliki
Setiap orang pada dasarnya memiliki keahlian masing-masing, namun banyak dari mereka yang kurang atau bahkan tidak menyadari keahliannya tersebut. Tak ada kata terlambat untuk memulai, jadi kenalilah keahlianmu dan terus asahlah. Patut kamu ketahui bahwa banyak orang sukses karena keahliannya. Seperti contohnya adalah seorang musisi, pelukis, designer dll.

Baca Juga : 3 Cara Sederhana Bagi Kamu Yang Ingin Mengumpulan Modal Usaha

2. Jadikan hobimu lebih bermanfaat
Banyak orang yang mengatakan bahwa hobi bisa membuat kita menjadi sukses. Hal tersebut saya amini karena memang salah satu cara untuk mensukseskan bisnis itu adalah dengan cara menikmatinya. Nah, agar hobimu terasa lebih bermanfaat, pilihlah hobi yang tidak hanya berguna untuk kesenanganmu, tapi juga untuk orang lain. Misalkan adalah kamu suka main musik. Jangan sampai hobimu tersebut hanya untuk kesenanganmu. Cobalah membuat lagu dan perdengarkan kepada orang lain. Lihat respon mereka dan tentukan langkahmu selanjutnya. Dengan begitu kamu akan mendapatkan kepuasan dan penghasilan tentunya.

3. Sering Sharing kepada teman
Berbagi dengan teman mengenai banyak hal akan menanamkan mindset pada diri kita untuk menyiapkan langkah-langkah kedepan. Kenapa ? Karena dari saling sharing baik itu pengalaman, pekerjaan, maupun bisnis secara tidak sadar akan membuat kita lebih tahu dan akan mempersiapkan apa yang harus dilakukan.

4. Suka mencari referensi
Referensi itu penting karena dengan itu kita sudah meletakkan pijakan pertama kita yaitu mengetahui apa yang kita ingin tahu. Mungkin kita lebih mengenal referensi itu seperti bacaan dll. Hal tersebut tak sepenuhnya salah, namun referensi yang tepat untuk menemukan usaha yang cocok adalah dengan banyak pengalaman atau “Action”

5. Mencari sosok yang dapat memotivasi
Banyak para motivator yang mencoba memotivasi orang lain dengan quotesnya, namun harus kamu ketahui juga bahwa hal yang mereka lakukan adalah mencoba mentransferkan motivasi ekstrinsik kepadamu. Yang jadi masalahnya adalah apaka kamu bisa menerima dan mengamalkan motivasi tersebut dan menjadikannya sebagai motivasi intrinsik ? Hanya kamu yang bisa menjawabnya. Disatu sisi kamu juga harus membaca banyak biografi orang sukses dan pilihlah dari mereka yang bisa menuntunmu menjadi orang yang sukses

6. Menyadari kekuatan dan kelemahan diri
Seseorang yang tidak mengenal kelebihan dan kelemahan dirinya, maka akan sangat sulit untuk meraih sukses dalam berbisnis. Cobalah perhatikan analisis SWOT ! Bagaimana seseorang harus mampu melihat kelemahan dan kekuatan dari usaha kita. Belum lagi ancaman dari para pesaing. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis, maka ketahuilah kelebihan dan kelemahanmu terlebih dahulu.

7. Perbanyak pengalaman
Almarhum Bob Sadino ketika masih hidup sering memotivasi orang untuk action dan jangan hanya berfikir. Hal itu benar karena hanya dengan action lah kamu bisa mengetahui sejauh mana kemampuanmu. Jangan pernah takut gagal, karena banyak orang sukses yang meraihnya dengan banyak  kegagalan yang telah mereka lakukan. Namun bukan berarti mengenyampingkan ilmu dalam berbisnis. Ke enam tips diatas akan membantu pengalamanmu dalam menemukan usaha yang tepat serta membuka kesempatan untuk menjadi sukses.


Itulah 7 cara jika kamu ingin menemukan usaha apa yang cocok. Ketujuh cara ini tidak hanya menemukan cara yang cocok, namun akan menuntunmu menjadi pengusaha yag berhasil. Oleh karena itu, bacalah artikel lainnya di SalingSharing Info.