3 cara sederhana untuk mengumpulkan modal usaha

Saling Sharing Info - Modal dalam usaha sepertinya masih menjadi momok yang cukup menakutkan bagi sebagian orang yang ingin memulai suatu usaha. Sudut pandang, pengalaman dan referensi yang kurang akan mempengaruhi itu. Namun ketahuilah bahwa sesungguhnya modal itu tidak terlalu sulit untuk dicari selama kamu tahu usaha apa yang ingin dijalankan serta memperbanyak referensi mengenai usaha terutama yang sesuai dengan keahlianmu. Pada dasarnya artikel ini ditujukan kepada  karyawan yang ingin menjadi pengusaha, namun hal ini pun dapat dilakukan bagi semua. Berikut adalah 3 cara sederhana untuk mengumpulkan modal :

Baca Juga : 10 Alasan Kenapa Orang Ingin Berwirausaha

1. Menyisihkan beberapa persen gaji
gaji dan tabung
Jika kamu seorang pekerja dan ingin memmulai bisnis, tak perlu  tergesa-gesa karena menjadi seorang pebisnis pun butuh modal tergantung usaha apa yang akan digeluti. Yang perlu kamu lakukan adalah berkomitmen untuk menyisihkan 10-20%  dari gajimu sebagai modal usaha. Disamping itu, teruslah untuk mencari refrensi mengenai usaha yang cocok dan sesuai dengan keahlianmu.

Baca Juga : 7 Cara Menemukan Usaha yang Tepat

2. Menghemat dengan melakukan substitusi
substitusi barang
Pertama-tama, kenalilah dan bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Setelah itu abaikan keinginanmu dan prioritaskan kebutuhanmu. kalaupun kamu harus memenuhi keinginan, maka lakukanlah substitusi. Yang dimaksud  dengan substitusi disini adalah misalnya kamu  ingin membeli barang dengan  harga Rp. 1.000.000. untuk melakukan penghematan, carilah merek lain dengan model yang lain namun dengan harga yang lebih murah. Intinya, carilah barang  yang  sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Meminjam modal pada orang tua
Mungkin hal ini akan menjadi sebuah langkah yang kurang  disenangi bagi sebagian orang ataupun mereka merasa malu, namun perlu diketahui bahwa orang tua akan mendukungmu untuk hal tersebut. Enaknya lagi, dengan meminjam kepada orang tua tidak perlu memikirkan bunga  ataupun menyerahkan jaminan. Jika usahamu berhasil, kamu pun tak akan segan mengembalikannya bahkan kamu dapat selalu memberi apa yang mereka inginkan dengan keuntungan dari bisnismu tersebut.

Itulah sedikit dari banyak cara yang dapat kamu lakukan, Pada dasarnya yang terpenting dalam mengumpulkan modal adalah menahan nafsu untuk membeli seseuatu yang hanya  digunakan sebagai pemuas keinginan.