hal yang perlu kamu lakukan sebelum usia 30 tahun


Usia 20an merupakan usia yang sedang berada dalam masa yang menggebu-gebu mengenai keinginan untuk bekerja, menikah ataupun hal lainnya. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi kamu yang sedang berada di usia ini agar tidak menyesal saat tua nanti.


1. Keinginan untuk terus belajar

Jika usiamu masih muda, maka manfaatkan itu untuk mengembangkan diri dengan terus mempelajari hal-hal baru yang diinginkan. Hal ini karena masih adanya jiwa muda yang menggebu-gebu terhadap hal yang membatnya tertarik. Oleh karena itu, jangan sia-siakan masa mudamu untuk terus belajar hal baru agar dimasa tua tidak merasa menyesal karena mengabaikan hal-hal yang ingin dikerjakan saat masih muda.

2. Belajar dari setiap kegagalan

Kegagalan merupakan sebuah keniscayaan dan kewajaran yang seharusnya dapat menjadi evaluasi untuk kedepannya. Tapi saat masa muda, belajar dari kegagalan adalah sebuah keharusan dalam membentuk prinsip hidup serta pengalaman. Oleh karena itu, jangan merasa pesimis karena kegagalan, justru ubahlah mindset bahwa kegagalan ini akan menjadi keberhasilan di masa depanmu.
.
3. Membangun relasi

Hal yang tak kalah penting dimasa muda adalah membangun hubungan antar sesama teman, guru, masyarakat dll. Membangun hubungan atau relasi disini tidak hanya sekedar berteman dan mengenal saja, tapi juga tetap menjaga hubungan dengan mereka ketika sudah berpisah. Perlu kamu ketahui bahwa cukup banyak orang yang mendapatkan pekerjaan berawal dari info atau karena andil dari temannya. Oleh karena itu, teruslah berbuat baik terhadap sesama dan cobalah membangun relasi dengan siapapun.

4. Mencintai apa yang kamu lakukan

Jika kamu membaca biografi beberapa orang sukses, maka kamu akan temukan mengenai salah satu kunci kesuksesan mereka yaitu kecintaannya terhadap apa yang mereka lakukan. Secara psikologis, hal ini dapat membantu seseorang merasa tetap semangat dan terus termotivasi untuk melakukan yang dia cintai. Oleh karena itu, apapun pekerjaanmu saat ini, cobalah untuk mencintainya demi menghindarkan diri dari rasa stress yang berlanjut serta sifat merasa terkekang.

5. Berkumpulah dengan orang yang membuatmu merasa jadi lebih baik.

Berada didekat orang yang membuat kamu merasa nyaman atau bahkan dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasimu tentu akan lebih baik jika harus berhadapan dengan orang yang menghambat apa yang ingin kamu lakukan. Hal yang dapat kamu lakukan disaat usia muda adalah bertemanlah dengan siapapun, namun pilihlah beberapa orang yang mampu membuatmu merasa nyaman untuk menjadi sahabat dll.

6. Menjaga kesehatan

Kesehatan merupakan harga mutlak bagi semua orang yang hidup di era modern saat ini. Memperhatikan kesehatan diri merupakan hal terpenting ketika kamu masih usia muda karena dapat membuatmu berfiir positif, terhindar dari penyakit-penyakit tertentu, serta mampu membuatmu menjadi lebih aktif dan ceria. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan diantaranya seperti berolahraga secara teratur, memakan makanan yang sehat dan bergizi serta memperhatikan pola makannya, hindari rokok ataupn minuman beralkohol dll.

7. Berani mengambil resiko

Berada di zona nyaman dengan pekerjaan yang tetap saat usia muda memang baik, tapi jangan sia-siakan juga masa mudamu untuk berani mengambil resiko dari setiap keputuasan yang mungkin bisa membuatmu menjadi lebih sukses dikemudian hari. Kegagalan dimasa muda akan lebih membuatmu cepat untuk bangkit dibanding ketika kamu gagal dimasa tua. Oleh karena itu, jangan pernah takut untuk mengambil resiko dalam perjalanan hidupmu.   

8. Jangan biarkan pekerjaan mengambil alih kehidupanmu

Saat ini banyak orang yang merasa diperbudak oleh pekerjaan, sehingga menyempatkan waktu untuk bersama keluarga dan teman pun akan terasa sulit. Hal yang mungkin bisa kamu lakukan saat ini adalah jangan membawa pekerjaan kantor ke rumah atau berusahalah untuk menyelesaikannya dikantor. Seandainya kebijakan perusahaan yang merenggut waktumu, maka cobalah mencari pekerjaan yang lebih baik dan sesuai dengan waktu kerjamu.

9. Menabung dan investasikan uangmu

Sebagian anak muda yang sudah bekerja saat ini lebih menghamburkan gajinya untuk kepentingan yang kurang berguna, sehingga uang tersebut seakan menguap entah kemana. Oleh karena itu, berfikir cerdaslah dengan mulai menabung sebagian gajimu atau diinvestasikan baik dalam bentuk emas atau lainnya sebagai aset untuk masa depanmu.