4 Alasan Seseorang Menggunakan Penelitian Library Research
Halo sobat sharing, kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai alasan sebagian orang tertarik menggunakan kajian studi pustaka, termasuk saya :). Dengan kondisi saat ini masih pandemi COVID-19 ketika artikel ini saya tulis sehingga akhir-akhir ini cukup banyak yang kirim message ke saya mengenai penelitian studi pustaka. Nah kali ini akan saya berikan beberapa hal terkait Library Research. 

1. Merupakan salah satu metode tercepat untuk lulus
Tidak dipungkiri Library Research ini adalah primadona bagi sebagian mahasiswa termasuk saya hhe. Salah satu skripsi saya adalah mengenai Studi Pustaka dengan judul "Konsep Pendidik dan Metode Pendidikan Menurut Ibnu Khaldun, Telaah Kitab Muqaddimah".

Dalam hal ini ada beberapa alasan yang membuat saya tertarik dengan penelitian ini, diantaranya :
  • Saya tidak punya cukup banyak waktu untuk melakukan penelitian dilapangan karena saya sedang mengambil double degree.
  • Saya hanya perlu menganalisa dari buku primer dan buku terkait saja dan itu bisa dilakukan dirumah tanpa ribet hhe
  • Tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikannya karena saya sendiri pun hanya butuh waktu satu bulan saja untuk menyelesaikan bab 1 sampai 5, itupun yang bikin lama adalah mencari referensinya dulu karena harus cari kitab asli yang saat itu saya temukan di UIN Jakarta.

Dengan ketiga alasan tersebut sudah cukup bagi saya untuk menyenangi metode ini, nah bagi kamu yang ingin menggunakan kajian ini, baca point berikutnya ya :)

2. Harus suka baca buku dan banyak referensi
Jelas dalam kajian studi pustaka ini mengharuskan kita untuk membaca sebanyak mungkin buku terkait penelitian kita disamping buku utamanya loh ya, karena memang itu adalah referensi utama kamu dalam kajian ini hhe.

Waktu saya mengkaji ini, saya memakai 2 buah kitab asli dengan 2 terbitan berbeda dan 2 kitab terjemahan dengan terbitan berbeda, Disamping itu, saya juga memakai 37 buku sebagai referensi tambahan. Perlu kamu tahu, SEMUA BUKU TERSEBUT SAYA BACA haha.

Tapi itu gak masalah buat saya sih, karena saya memang suka baca sejak semester 1. Oleh karena itu, kajian ini sangat cocok bagi kamu yang suka baca dan saya harap jangan gunakan kajian ini jika kamu males baca hhe

Bukannya kenapa-kenapa, kasian kamu nanti kalo tidak menyiapkan ini dengan sebaik mungkin, karena kamu akan jadi bulan-bulanan penguji hhe

3. Harus punya analisa yang tajam
Meskipun sebagai metode tercepat untuk lulus, tapi dalam pandangan saya kamu harus punya analisa yang tajam dalam menemukan dan menyikapi masalah yang ada. Hal ini karena memang daya tarik dari Libraty Research adalah hasil dari analisamu.

4. Sebagai ajang diskusi dan debat dalam sidang
Point ke 4 ini adalah yang paling menarik menurut saya, karena kajian studi pustaka ini bisa membuat kita berdiskusi dan berdebat secara liar dengan dosen penguji hhe. Percayalah bahwa hasil analisamu akan diuji disini. Dosen penguji punya amunisi-amunisi untuk mematahkan analisamu dan itu bagus untuk merangsang daya kritismu serta sebagai pertanggungjawabanmu terhadap analisa tersebut.

Nah itulah 4 tips yang menjadi point utama kenapa saya suka kajian studi pustaka. Untuk kamu yang mau menggunakan kajian studi pustaka ini, coba pahami lebih dalam mengenai 4 point yang saya sebutkan tadi ya ..

Syukur-syukur jika kamu dapat penguji yang baik dan enak, lah kalo dapat penguji yang killer bisa apa kamu ? hhe

Tulis dikomentar mengenai apa yang kamu resahkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih .