Peluang Bisnis Prospektif di Bulan Ramadhan


Bulan ramadhan merupakan bulan yang paling dinantikan oleh seluruh ummat muslim di dunia.
Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut diwajibkan bagi seorang muslim untuk berpuasa selama sebulan penuh.



Setiap negara memiliki keunikan-keunikan tersendiri dalam menghadapi bulan ramadhan.

Selain itu, bulan ramadhan juga menjadi waktu tepat bagi kamu untuk menjalankan peluang usaha menjelang puasa. Banyak diantara usaha tersebut memang khusus terjadi selama Ramadhan. Sementara usaha lainnya bisa dijalankan kapan saja. Menjalani usaha musiman tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Oleh karena itu, kamu harus jeli apakan usahamu masih bisa dijalankan setelah ramadhan atau memang hanya moment tersebut saja usahamu bisa dijalankan.

Untuk itu kami akan berikan beberapa macam usaha yang bisa kamu jalankan di bulan ramadhan nanti.

---
1. Usaha makanan dan minuman untuk berbuka puasa
Kita telah ketahui bersama bahwa hampir di setiap wilayah di Indonesia memiliki tradisi ngabuburit dimana seseorang menghabiskan waktunya dengan berbagai macam hal menunggu berbuka puasa. Biasanya di tempat-tempat potensial seperti dilapangan, pelataran masjid, bahkan di rumah-rumah banyak membuka usaha makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Jika kita melihat trend dari tahun ke tahun, usaha ini tidak pernah surut bahkan cenderung meningkat. Hal ini disebabkan semakin banyaknya orang yang membuka usaha ini dimanapun.

Menurut kami Hal ini dikarenakan 4 alasan, yaitu :
1. tingkat konsumen masyarakat selalu meningkat
2. Peluang dalam meraup untung yang besar
3. Kecenderungan masyarakat untuk "Jajan"
4. Modal yang dikeluarkan tidak besar (sekitar 500.000 sudah cukup)

---
2. Usaha jual alat kebutuhan dan perlengkapan sholat
Mengingat bulan ramadhan tiba, maka perlengkapan sholat juga harus baru. Mungkin itu yang terpikirkan dalam benak sebagian orang. Keinginan untuk membeli barang baru saat ramadhan apalagi para pekerja yang mendapat Tunjangan Hari Raya. Maka mungkin membeli barang baru merupakan kewajiban bagi mereka.

Nah untuk kamu yang melihat peluang usaha ini, kamu bisa membuka usaha dengan berjualan alat kebutuhan dan perlengkapan sholat seperti : Sarung, Baju koko , Gamis, Kerudung, Mukena, Peci, Tasbih, Al-Qur'an dan kitab-kitab lainnya, sajadah serta masih banyak lagi.

Memang dengan membuka usaha ini kamu membutuhkan modal yang lumayan banyak, oleh karena itu kamu harus benar-benar matang untuk memulainya. Meski begitu, usaha ini memang mash bisa berlanjut meskipun ramadhan telah usai, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Ada beberapa tips dari kami untuk kamu yang ingin memulai usaha ini :
1. Siapkan modal yang cukup sekitar 5.000.000 - 15.000.000
2. Tak harus menyewa tempat usaha
3. Manfaaatkan media sosial, namun tetap memperhatikan penjualan offline
4. Membeli dengan harga grosir
5. Pahami lingkunganmu

---
3. Usaha Kue kering
Kami memperhatikan bahwa beberapa tahun belakangan ini bisnis kue kering di bulan ramadhan memiliki prospek yang bagus. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya para penjual kue kering di pinggir jalan dengan harga yang cukup murah. Meski begitu, untung dari bisnis ini juga tidak bisa dibilang kecil lho.

Ada beberapa saran yang mungkin bisa kami berikan untuk kamu yang ingin memulai usaha ini, yaitu :
1. Kenali vendor/supplier yang bisa memberikan dengan harga murah
2. Jika membuat sendiri, perhatikan bahan baku serta packagingnya
3. Mungkin kamu bisa menyewa tempat atau membuka stand
4. Jika memilih untuk membeli ke supplier, lakukan konsinyiasi
5. Kisaran modal sekitar 5.000.000 - 15.000.000 pun sudah cukup

---
4. Jasa Travel
Untuk saat ini kami masih belum menemukan orang yang begitu serius mendalami di bidang ini, namun jika kamu berada atau mengetahui spot-spot wisata yang keren dan menarik, kamu bisa mencoba memulai usaha ini.

Perlu kamu ketahui bahwa orang-orang memerlukan suatu hal yang bisa memanjakan mereka dalam menunggu waktu berbuka, oleh karena itu, kamu dapat membangun bisnis ini sebagai tour guide bagi mereka yang ingin.

Hal pertama yang mungkin bisa kamu lakukan adalah posting tempat-tempat menarik dan promosikan manfaatnya menggunakan jasa kamu dibanding mereka harus sendiri.

Ada beberapa saran yang mungkin bisa kami berikan untuk kamu yang ingin memulai usaha ini, yaitu :
1. Gunakan sosial media, khususnya instagram untuk promosi
2. Pastikan kamu mengetahui lebih dalam mengenai obyek wisata tersebut
3. Cobalah untuk mengenal dan akrab dengan para pekerja di obyek wisata tersebut

---
5. Merentalkan Mobil
Tidak dipungkiri lagi bahwa bulan ramadhan adalah salah satu moment-moment paling berharga bagi keluarga untuk berkumpul bersama. Bagi para perantau sebagian besar pasti akan menemui keluarganya di kampung demi bisa bersilaturrahim maupun sungkem dengan orang tua.

Mengingat biaya transportasi yang semakin mahal ketika menjelang 'Idul Fitri, maka sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Bagi yang belum punya, rental adalah pilihan utama bagi mereka.

Nah itulah beberapa bisnis prospektif yang mungkin bisa kamu jalankan ketika ramadhan.
Jangan lewatkan artikel kami lainnya ya ..

Terima kasih