5 Strategi Memperluas Pangsa Pasar


Pada dasarnya dalam sebuah bisnis memiliki beragam cra atau strategi dalam memperluas pangsa pasar. Namun jika tidak benar-benar dipelajari dan disadari, maka yang terjadi adalah bukan memperluas, tapi mempersempit dan justru akan tergerus dengan bisnis lainnya.

Berikut ini adalah 5 strategi yang dapat dilakukan oleh pebisnis dalam memperluas pangsa pasar demi menambah pendapatan.


  • Menambahkan Produk dan Layanan Baru

Meskipun terlihat sederhana, namun perlu observasi yang mendalam bagi pelaku bisnis untuk menjalankan point ini. Hal ini dikarenakan dia harus mengetahui produk dan layanan apa yang benar-benar diinginkan oleh konsumen atau client. Dengan kata lain, produk dan layanan ini adalah solusi bagi para customer mereka.

  • Meningkatkan Quantity Produk yang Dijual
Meningkatkan kuantitas barang yang dimaksud tidak sebatas hanya membeli barang dengan jumlah yang banyak saja, tapi harus mampu mendistribusikan barang tersebut ke konsumen. Pada point ini dibutuhkan analisa segmentasi pasar yang cukup mendalam. Hal ini dikarenakan Pelaku bisnis harus bisa menghabiskan jumlah barang yang dijual tersebut kepada konsumen dengan waktu yag cukup cepat. 

Adapun salah satu cara sederhana yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan cara mengidentifikasi produk  yang paling banyak terjual. Dengan demikian para pelaku bisnis dapat meningkatkan jumlah produk yang laku tersebut.


  • Menambah Store Ke Daerah Baru
Jika barang dagangan semakin laku dan toko kita mulai dikenal, maka langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah dengan menambah store yang baru. Meski begitu para pelaku bisnis harus tetap mengontrol storenya dan diusahakan jaraknya masih dalam satu wilayah. Hal ini dikarenakan agar dapat melakukan substitusi ketika barang di store baru habis atau sebaliknya, maka dapat dijangkau dengan ketersediaan barang yang baru

  • Tingkatkan Target Untuk Pelanggan Baru
Target dalam sebuah bisnis itu adalah suatu keharusan, hal ini dikarenakan demi berkembangnya bisnis tersebut. Adapun yang bisa dilakukan oleh para pelaku bisnis adalah dengan cara membuat target mingguan atau bulanan mengenai pelanggan baru yang datang dan pelanggan yang pergi (langganan) serta mengevaluasinya.

Mengenyampingkan pelanggan yang sudah pergi, fokuslah pada target pelanggan baru. Hal yang demikian karena pelanggan yang pergi pasti memiliki suatu alasan lain seperti : harga, keterjangkauan dll, sehingga masih ada kemungkinan mereka untuk kembali

  • Merambah Strategi Penjualan Online
Jika selama ini anda merupakan pebisnis offline, maka sudah saatnya anda harus memikirkan cara untuk melakukan strategi secara online. Ada banyak sosial media yang dapat membantu untuk berjualan online dan terbukti sampai saat ini masih sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Nah itulah 5 strategi memperluas pangsa pasar menurut Saling Sharing Info. Semoga artikel kami bermanfaat