Saling Sharing
Info – Di zaman sekarang ini kita semakin banyak temui berbagai macam bisnis
yang ada. Nah dari sekian banyak bisnis itu pasti akan berlaku hukum alam
dimana yang memiliki strategi yang hebat dalam mengambil pangsa pasar lah yang
akan menguasai pasar tersebut.
Sehingga dengan
demikian akan ada bisnis yang kalah saing sehingga mereka tidak dapat
melanjutkan bisnis tersebut. Oleh karena itu, sebelum terlambat kamu harus
mengetahui perkembangan bisnismu terutama ketika sedang menurun atau bahkan bangkrut.
Dengan kejadian
tersebut, bagi kamu yang merasa bisnisnya tidak berkembang atau bahkan menurun dapat
menganalisa dan melakukan beberapa evaluasi agar dapat kembali bersaing lagi
dengan lainnya. Adapun analisa yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
Customer
Kamu dapat
menganalisa kebutuhan dan keinginan pelanggan anda serta memberikan apa yang
memang mereka butuhkan dapat kamu sediakan.
Analisa ini bisa
meliputi :
- Research sederhana
mengenai ketertarikan pelanggan dengan jasa atau produk kamu
- Menganalisa pangsa
pasar secara lebih kompleks seperti range usia, culture dll
Competitor
Kamu harus paham
bahwa bisnismu mungkin bukan satu-satunya ditempat itu. Oleh karena itu kamu
perlu menganalisa kompetitor dengan memahami kelemahan dan kekuatan serta
ancaman dan peluang. Hal tersebut dapat kamu lakukan dengan beberapa analisa seperti
analisis SWOT dll.
Change
Ketika kamu sudah
melakukan analisa mengenai kompetitor serta pangsa pasar, Kamu bisa melakukan
perubahan terhadap beberapa hal seperti pelayanan, harga, produk/jasa atau
bahkan tempat usaha anda agar terlihat lebih menarik
Choice
Kamu bisa
melakukan beberapa keputusan ketika bisnismu memang sudah tak sanggup berjalan
atau memang membutuhkan bantuan secara eksternal untuk berjalannya bisnis
tersebut.
Untuk perusahaan
besar dapat melakukan beberapa hal berikut :
- Suntikan dana
dari investor
- Dipailitkan dll
Untuk ranah UMKM
dapat melakukan beberapa hal berikut :
- Meminjam dana ke
Bank atau lainnya
- Pindah lokasi
ketika merasa tak sanggup bersaing di tempat tersebut dll
Nah itulah
beberapa evaluasi yang bisa kamu lakukan ketika merasa bisnismu itu sedang
menurun. Pahami juga Product Life Cycle agar dapat bertahan dari gempuran
pesaing dan sebagai dorongan bagimu untuk berinovasi. Semoga artikel kami
bermanfaat.
0 Komentar