6 Faktor yang Mempengaruhi Standar Gaji Karyawan



Halo Sahabat SSI, kali ini kami akan membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi standard gaji yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada karyawannya.

Kita semua mengetahui bahwa setiap perusahaan pasti memiliki standard gaji untuk karyawannya. Disamping itu, banyak sejumlah faktor yang mempengaruhi baik dari internal perusahaan tersebut maupun dari eksternal.

Berikut kami paparkan beberapa faktor yang mempengaruhi standard gaji tersebut :

1.      Ketetapan Pemerintah

Faktor ini banyak digunakan  banyak perusahaan berpegang pada Ketentuan Pemerintah tentang Upah Minimum Regional (UMR) atau Upah Minimum Sektoral Regional (UMSR). Hal ini sebagai pegangan atau acuan untuk menetapkan tingkat upah patokan bagi perusahaan dalam menggaji karyawannya.

2.      Tingkat gaji di pasaran.

Dalam hal ini perusahaan akan mengacu pada besarnya upah/ gaji yang dibayar oleh perusahaan-perusahaan lain terutama yang beroperasi pada sektor yang sama. Perusahaan bisa memutuskan untuk menyamai harga pasar atau melebihkannya sedikit, tergantung pada strategi dan kemampuan perusahaan tersebut. Tingkat upah yang berlaku di pasaran diperoleh melalui kegiatan benchmarking atau survei imbalan.

3.      Kemampuan keuangan perusahaan.

Istilah “buku” untuk kemampuan perusahaan ini adalah company’s ability to pay. Dalam hal ini yang menjadi acuan utama adalah kemampuan finansial perusahaan untuk membayar. Perusahaan mungkin ingin membayar upah/gaji seperti dibayar oleh perusahaan lain tetapi pada saat itu kondisi perusahaan belum memungkinkan.

4.      Kemauan perusahaan.

Dalam hal ini perusahaan tidak memperdulikan harga pasar ataupun faktor-faktor lain, tetapi hanya berpegang pada apa yang menurut mereka wajar.

5.      Kualifikasi SDM yang dicari.

Kualifikasi SDM yang digunakan sebuah perusahaan sangat di-tentukan terutama oleh tingkat teknologi yang digunakan olehnya dan segmen pasar di mana perusahaan tersebut bersaing. Terkadang perusahaan memberikan gaji yang besar kepada karyawan yang menurut mereka potensial dalam mengembangkan perusahaan.

6.      Tuntutan pekerja.

Tuntutan pekerja akan menentukan pula tingkatan imbalan yang dibayar perusahaan. Tuntutan pekerja dan kemauan perusahaan biasanya akan dipertemukan dalam meja perundingan dengan cara musyawarah atau tawar-menawar.

Nah itulah 6 faktor yang mempengaruhi standard gaji karyawan menurut saling sharing info. Dengan melihat ke-6 faktor tersebut dapat kita ketahui bahwa rata-rata kesemua faktor tersebut menjadi acuan bagi suatu perusahaan dalam menggaji karyawannya.

Satu hal yang harus kita pahami bersama dari sisi karyawan adalah harus menyadari bahwa keinginan untuk digaji besar harus disesuaikan juga dengan kemampuan perusahaan. Sedangkan dari pihak perusahaan sendiri juga harus bisa memberikan kesejahteraan kepada karyawannya seandainya perusahaan tersebut sehat secara financial.