6 Hal yang membuatmu tak kunjung diterima kerja


Bagi seorang yang sudah lama mencari kerja dan tak kunjung dapat, tak ada hal yang lebih membahagiakan ketika dia diterima kerja. Mencari pekerjaan kesana kemari demi meneruskan perjuangan hingga merasakan tanggung jawab yang besar dalam hidup adalah bagian yang pasti dijalani.

Meski begitu, ternyata pekerjaan itu tak kunjung datang dan lamaran yang dikirimpun terasa sia-sia belaka. Sebelum lebih jauh, ada enam hal yang pada dasarnya bisa membuatmu tak kunjung dapat atau diterima kerja sebagai berikut :


1. Memasang target terlalu tinggi
Sempat tejadi viral mengenai berita bahwa seorang mahasiswa fresh graduate meminta gaji yang tinggi dengan mengatakan bahwa dia adalah lulusan kampus ternama. Dalam kacamata dunia kerja, untuk lulusan baru itu memiliki range gaji tersendiri dan itu dapat disesuaikan dengan masing-masing perusahaan. Oleh karena itu, jika kamu adalah lulusan baru, jangan menargetkan gaji yang terlalu tinggi. Fokuslah pada pengalaman yang didapat karena itu akan menjadi point berharga dalam mencari kerja dimasa yang akan datang
.
2. Kurang memiliki koneksi yang luas
Koneksi yang luas pada dasarnya tidak hanya akan membuatmu banyak teman, tetapi juga channel untuk mencari kerja hingga bisa juga membantu dalam perkembangan bisnismu. Bayangkan saja jika kamu saat ini tidak memiliki teman yang banyak dan cenderung introvert, maka akan sangat sulit untuk mendapatkan informasi seputar lowongan kerja dll.


3. Kurang mengembangkan kemampuan diri
Merasa puas dengan kemampuan saat ini dan malas untuk mengembangkan kemampuan diri akan menjadikanmu tertinggal untuk memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman yang mungkin bisa menjadi hal utama kamu diterima kerja. Maka dari itu, mulailah dari saat ini untuk mengeksplore diri terutama yang sesuai dengan kemampuanmu saat ini.


4. Kurang Proaktif

Perlu diketahui bahwa saat ini semakin sulit untuk mencari pekerjaan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya jumlah pelamar dibandingkan dengan lowongan kerja itu sendiri. Jadi jika kamu hanya melamar kerja ke beberapa pekerjaan apalagi secara konvensional maka akan semakin sulit. Apalagi jika baru melamar kerja ke satu atau dua perusahaan lalu menyerah untuk mencari lagi, maka kamu tak akan mendapat pekerjaan yang sesuai. Oleh karena itu, kamu harus pro aktif dengan cara melamar ke banyak perusahaan yang sesuai dengan kemampuanmu baik melalui situs jobstreet, jobsdb, loker dll atau langsung ke perusahaan yang dituju.

5. Individualis
Dalam dunia kerja, teamwork merupakan hal yang sangat penting karena akan lebih memudahkan pekerjaan antar lini maupun divisi. Bagi kamu yang kurang menyukai kerjasama tim dan cenderung menyenangi pekerjaan yang dikerjakan sendiri akan menjadi masalah tersendiri bagimu dan itu akan menjadi hambatan untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini dikarenakan HRD akan mencari calon pekerja yang memang bisa bekerja sama secara tim dan demi meminimalisir masalah-masalah yang terjadi dimasa yang akan datang

6. CV yang buruk
Tahukah kamu bahwa tampilan Curriculum Vitae (CV) yang terlihat monoton atau kurang menarik bisa mempengaruhi langkahmu selanjutya untuk diterima kerja. Hal ini dikarenakan CV merupakan pintu dan kesan pertama yang akan menimbulkan ketertarikan HRD untuk memanggilmu dalam melakukan interview dll. Oleh karena itu, buatlah CV yang menarik agar HRD pun tertarik dengan kualitas dirimu dan menambah change untuk bertemu denganmu.

Berikut adalah 6 hal yang memuatmu tak kunjung mendapat kerja. Sekian artikel dari kami dan jangan lupa sharing info ini jika bermanfaat. Terima kasih.