Membuat Konten yang Menarik
Membuat Konten yang Menarik

Membangun bisnis di era saat ini sebenarnya tidak sesulit jika harus dibandingkan dengan zaman dulu yang lebih mengandalkan uang sebagai modal utama, sehingga hal tersebut menjadi mindset bahwa untuk menjalankan bisnis perlu modal/uang yang tidak sedikit.

Di era saat ini untuk membangun dan menjalankan bisnis perlu adanya sesuatu yang bisa menarik perhatian pelanggan. Tanpa sesuatu yang menarik, akan sulit menjerat pelanggan untuk mengunjungi toko sehingga memiliki kesempatan yang sangat kecil untuk membelinya.

Nah dalam hal ini konten adalah sesuatu yang menarik tersebut. Konten yang saya maksud adalah seperti foto produk dan artikel. Berbekal dengan foto produk, kamu sudah bisa memulai dan membangun bisnis yang diinginkan.

Contohnya kamu sebagai dropshipper tas keren, kamu tidak perlu memerlukan biaya untuk membeli tas tersebut sebegai modal dan stock barang. Biasanya penyuplai akan menyediakan foto produk untuk kamu unggah ke media sosial atau toko online dan disinilah kamu mulai memasarkan produk tersebut kepada pelanggan.

Dengan contoh kasus tersebut, konten foto merupakan salah satu yang perlu diperhatikan olehmu dalam memulai bisnis online. Hal tersebut bisa menjadi tools agar pelanggan membeli produkmu. Oleh karena itu, sangat perlu untuk membuat konten foto yang menarik dan dapat memberi hasrat pelanggan untuk membeli produk atau jasamu.

Berikut saya beri salah satu contoh mengenai konten yang bisa menarik pelanggan.

Disamping adalah akun instagram griya presentasi yang merupakan salah satu bagian bisnis dari penulis sendiri. Dari konten ini penulis tidak hanya membuat sepenuhnya tentang produk, tapi penulis juga menyisipkan artikel-artikel yang terkait, infografis serta testimoni demi menguatkan penjualan.

Nah bagi kamu yang ingin membangun bisnis melalui media sosial, salah satu yang harus kamu jadikan sebagai tempat berjualan adalah instagram.

Hal tersebut karena memang instagram hingga saat ini masih menjadi media sosial yang banyak dilirik karena tidak hanya berisikan informasi-informasi saja, tapi juga sebagai lapak untuk berjualan dan mencari produk.

Ada beberapa indikator bahwa sebuah konten itu dapat dikatakan menarik. Bagi kamu yang menggunakan instagram sebagai lapaknya, maka kamu akan mengetahuinya. Apa sajakah itu ?

1. Banyak yang save page kontenmu
Indikator pertama yang menjadi tolak ukur kontenmu menarik adalah dengan banyaknyayang menyimpan kontenmu. Ada banyak faktor kenapa mereka melakukan itu, diantaranya adalah :
  • Merasa tertarik dengan info yang diberikan
  • Suka dengan visualnya
  • Dirasa memiliki manfaat dalam waktu yang lama dll
Dengan begitu, hal ini bisa menjadi penilaianmu untuk prospek kedepannya agar lebih memaksimalkan konten seperti itu dan demi mendapatkan banyak perhatian dan tentunya tujuan akhir.

2. Banyak Like
Indikator berikutnya adalah banyaknya like yang bersarang di kontenmu. Meskipun banyak juga motif mereka ngelike, tapi setidaknya hal tersebut bisa menjadikan nilai tambah untuk meningkatkan trust kepada pengunjung.

3. Banyak Komen Positif
Komentar di kontenmu bisa menjadi pedang bermata dua karena jika mereka berkomentar positif, hal terebut bisa menambah trust kepada calon pelanggan, tapi jika mereka melontarkan komentar negatif, maka tercoreng sudah tokomu. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam membalas komentar dan teruslah memberikan pelayanan prima kepada pelangganmu.

4. Banyak Yang Share Kontenmu
Tak perlu diragukan lagi jika penunjung atau pelanggan sudah sampai share kontenmu ke media sosial mereka, maka ini akan menjadi ppromosi gratis untukmu sehingga secara tak langsung kamu telah terbantu dengan mereka. Adapun keuntungan yang kamu dapatkan ketika seseorang share kontenmu :
  • Memiliki kesempatan besar dalam meningkatkan penjualan
  • Sebagai promosi gratis
  • Membuktikan bahwa tokomu memiliki nilai lebih dimatanya dll
Nah itulah empat indikator utama yang bisa menjadi patokan kontenmu itu menarik bagi mereka. Namun sebelum kamu membuat konten di media sosial, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal yang dianggap penting, sehingga dari hal-hal tersebut bisa mendorongmu untuk membuat konten yang bisa menarik perhatian pelanggan.