5 Hal Mengapa Curriculum Vitae (CV) Begitu Penting Ketika Melamar Kerja
5 Hal Mengapa Curriculum Vitae (CV) Begitu Penting Ketika Melamar Kerja

Ketika kamu melamar kerja dan bertemu dengan HRD untuk melakukan wawancara, maka hal pertama yang sering diminta adalah Curriculum Vitae (CV) atau Riwayat Hidup. Jika selama ini menurutmu membuat dan mencantumkan Curriculum Vitae itu adalah hal yang biasa saja sehingga terkesan membuat dengan apa adanya yang penting rapi dan informasinya lengkap, sebaiknya amu bisa merubah pola pikir itu dari sekarang.

Hal ini dikarenakan Curriculum Vitae (CV) bisa dibilang merupakan hal yang pertama kali menentukan keberhasilanmu lolos wawancara dan bahkan mendapatkan pekerjaan. Kenapa bisa begitu ?

Berikut adalah 5 hal yang menjadi alasan kenapa Curriculum Vitae (CV) begitu penting :


1. Menarik Perhatian HRD
Kamu sebagai pelamar kerja harus bisa memastikan bahwa Curriculum Vitae tersebut dapat membuat HRD tertarik untuk membaca CVmu dibandingan dengan CV pelamar lain. Adapun caranya adalah dengan mendesain CVmu semenarik mungkin sehingga tekesan lebih wah dan berbeda namun tetap terlihat profesional

2. Memperlihatkan Profesionalitas
Saat sudah memasuki dunia kerja, kamu sudah harus dituntut untuk bersikap profesional terhadap lingkungan pekerjaan, jobdesc dll. Oleh karena itu, tunjukanlah kesan pertama kepada HRD dengan cara memberikan CV yang menarik karena hal tersebut dapat memperlihatkan profesionalitasmu diawal.

3. Menunjukkan Kesan Pertama
Jika kamu melamar kerja secara online, sebelum HRD memanggilmu untuk interview/wawancara, biasanya mereka akan melihat CVmu terlebih dahulu. Mereka akan melihat kepribadianmu ataupun informasi-informasi lainnya yang dirasa penting CV yang telah kamu berikan. Dengan begitu, secara tidak langsung CVmu akan menjadi kesan pertama bagi HRD apakah akan memanggilmu untuk mengikuti tes atau mengabaikanmu.

4. Menjelaskan Dirimu Secara Singkat
Dalam Curriculum Vitae, Tentu kamu akan menuliskan data mengenai dirimu, prestasi, pengalaman apa saja yang sudah dikerjakan, pendidikan hingga kemampuan. Meski begitu tulislah informasi tersebut secara singkat namun mudah dimengerti sehingga tidak terkesan bertele-tele. Informasi-informasi tersebut dapat menjadi gambaran singkat untuk menjelaskan siapa dirimu kepada HRD.

5. Menonjolkan Kemampuanmu
Setiap orang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan atau kelemahan, untuk itu tulislah kemampuan yang kamu miliki sebagai bentuk gambaran dari kelebihanmu. Meski begitu jangan terlalu berlebihan dan buatlah sewajarnya dan yang paling penting adalah jujur dalam membuatnya. Mengenai kelemahanmu itu lebih baik tidak dicantumkan dalam CV, tapi kamu harus punya jawaban ketika nanti HRD menanyakan hal ini.

Berikut adalah 5 hal mengapa Curriculum Vitae (CV) begitu penting ketika melamar kerja. Dengan begitu, CV yang mampu menarik perhatian HRD akan mampu mengantarkanmu pada diterimanya kerja. Dengan demikian jangan sampai CVmu dirasa HRD kurang menarik dan kurang menunjukkan hal-hal diatas sehingga secara tak sadar membuatmu menutup pintu untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

--- --- ---
Jika kamu tertarik dengan jasa pembuatan CV yang keren dan menarik serta harga yang murah, kamu bisa tonton kumpulan CV menarik kami dan dapat hubungi kami dibawah ini :



Sekian artikel dari Saling Sharing Info dan Terima Kasih.