Mengenal Blog dan Macamnya

Pengertian Blog

Blog merupakan akronim  dari “web + log” yang berarti catatan di dalam web. Istilah “weblog” pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada 17 Desember 1997. Istilah “blog” dibuat oleh Peter Merholz yang sebenarnya membuat  kata lucu dari kata weblog menjadi we blog di blog Peterme.com. Blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Lab sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google.com pada akhir 2002 (Purnawan Kristanto, 2010: 3-4).
Blog sesungguhnya adalah website juga.
.

Tahapan Dalam Membuat Blog

Adapun prosedur untuk membuat web harus melalui beberapa tahapan tahapan (Purnawan Kristanto,2010:4): 
.
1) Membeli nama domain,
2) Menyewa webhosting (lahan web),
3) Merancang tampilan dan membangun situs,
4) Mengisi situs dengan tulisan, gambar, audio atau video.
.
Pembuatan blog langkah 1-3 dapat dilewati, sehingga cukup mendaftar pada situs blog yang tersedia dengan memasukkan data-data yang dibutuhkan seperti nama pengguna (user name), kata sandi (password), nama blog, dan alamat email. Dalam waktu kurang dari 10 menit blog sudah dimiliki tinggal mengisinya dengan tulisan, gambar, audio, maupun video (Purnawan Kristanto, 2010:5).
Saat ini blog telah berevolusi menjadi bermacam-macam.
.

Macam-Macam Blog

Selain didukung perkembangan internet, hal ini juga diakibatkan pengembangan fasilitas blog serta hal yang berkaitan dengannya. Banyak sekali jenis blog diantaranya (dalam Hikmawan Ali, 2011:17-18):
  • Blog politik: blog yang berisi berita, politik, dan semua persoalan yang berkaitan dengan politik. 
  • Blog pribadi: fungsi paling dasar sebuah blog disebut juga buku harian online yang berisi pengalamankeseharian seseorang, keluhan, puisi, syair atau gagasan. 
  • Blog bertopik: blog yang membahas tentang satu hal dan berfokus pada bahasan tertentu seperti teknologi, kesehatan, sastra, wisata, hukum, dan agama. 
  • Blog riset dan pendidikan: membahas tentang hal akademik seperti berita riset terbaru. 
  • Blog media dan informasi: berisi kumpulan informasi dan berita dari berbagai web khusus berita serta masih banyak lainnya.

Dengan demikian, dari pemahman diatas dapat dipahami bahwa blog merupakan sebuah wadah yang digunakan dalam mengekspresikan gagasan berupa tulisan, gambar hingga video dengan maksud dan tujuan tertentu.