Penelitian Ilmiah

Saat ini kita berada di era yang mengarah kepada digitalisasi dalam banyak aspek, hal ini dikarenakan tak lepas dari beberapa alasan seperti pandemik yang terjadi saat ini. Memang masa ini seakan-akan memaksa kita semua untuk beralih dengan mengikuti perkembangan secepat mungkin meski ada dilema tersendiri dari beberapa orang yang merasa gaptek atau lainnya, meski begitu hal ini juga harus mereka hadapi jika ingin survive.

Menengok dunia pendidikan yang menurut saya saat pandemik ini merasakan imbas yang cukup besar, maka seharusnya para penggiat ataupun para akademisi bisa memberikan alternatif ataupun solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang saat ini dihadapi, terutama antara Guru, Siswa dan Orang Tua. 

Diperlukan banyak orang yang mampu berfikir kreatif dan inovatif disaat seperti ini untuk menyambung kembali kesenjangan yang ada serta mengatasi masalah yang sepertinya tak kunjung selesai.

Ada banyak cara untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah peran mahasiswa pendidikan tingkat akhir yang hendak melakukan penelitian ilmiahnya.

Apa peran yang bisa mereka lakukan ?

Ini adalah kesempatan bagi para mahasiswa tingkat akhir untuk menunjukkan kreatifitas dan inovasinya untuk membuat suatu karya dalam penelitiannya seperti melakukan Research And Development dll. Disisi lain, para dosen pembimbing diharapkan juga bisa mengarahkan mereka untuk melakukan hal tersebut. 

Ada banyak pengembangan yang bisa dilakukan seperti mengembangka bahan ajar dan media belajar yang disesuaikan dengan kondisi saat ini. Bahkan jika perlu, praktikan hasil belajar selama ini untuk menggabungkan beberapa kemampuan lain mereka untuk mengembangkannya.

Contohnya si A adalah mahasiswa pendidikan dan memiliki kemampuan design, nah dengan menggabungkan kemampuan tersebut kedalam penelitiannya akan menghasilkan karya ilmiah yang bagus seperti bahan ajar yang berbasis visual dll.

Contoh nyatanya adalah seperti membuat permainan edukasi, blog pembelajaran hingga produk diigital yang tentunya disesuaikan dg materi serta mengacu pada silabus.

Saya sebagai penulis juga melakukan Research And Development dengan membuat bahan ajar berbasis weblog di sekolah X, dan bahkan dari penelitian tersebut membuat relasi saya semakin luas.

Jadi, untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan penelitiannya, cobalah untuk membuat penelitian yang lebih bermanfaat untuk banyak pihak dengan cara membuat pengembangan produk ataupun lainnya

---

Artikel ini ditulis untuk membangkitkan semangat kepada para mahasiswa untuk membuat Research and Development yang bisa menjadi solusi bagi dunia pendidikan