Cara Sederhana Namun Jitu Menaikkan Pengunjung Blog
Saling Sharing Info - Halo sobat sharing, sepertinya bagi kamu para blogger pemula masih cukup sulit dan bingung nih bagaimana caranya untuk menaikkan traffic pengunjung di blognya. Tapi sobat sharing juga perlu tahu bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan. Jangan Khawatir !!!, admin kali ini akan memberikan beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan agar jumlah pengunjung blogmu bisa naik secara konsisten.
Baca juga : Mengenal blog dan macamnya
Sebelum itu, admin akan membagi beberapa cara tersebut kedalam 2 fase, fase pertama yaitu sebelum membuat konten dan fase kedua setelah menerbitkan konten.
--- --- --- --- --- ---
Fase 1 - Sebelum Membuat Konten
.
1. Buat konten yang memiliki potensi
Untuk sobat sharing yang ingin membuat konten yang berpotensi, maka admin sarankan setidaknya buat konten yang memenuhi beberapa kriteria berikut :
- Konten yang berpotensi Viral
- Konten yang mengedukasi
- Konten yang bermanfaat
.
Ketiga kriteria tersebut menurut admin memiliki potensi yang besar untuk menaikkan traffic pengunjung di blog. Setidaknya jika tidak mampu memasukkan ketiganya, satu kriteriapun sudah memenuhi kok, yang penting buat aja dulu hhe.
.
2. Ubah format judul agar terlihat lebih menarik untuk di klik
Tahukah sobat bahwa judul yang menarik akan lebih berpotensi daripada judul yang terkesan flat. Coba perhatikan 2 judul berikut :
a. Cara menghasilkan uang dari blog
b. 7 cara jitu dapat uang dari blog, dijamin menghasilkan.
.
Jika kamu seorang pengunjung, mana yang paling berpotensi untuk diklik dari kedua judul tersebut ?
Jika jawabanmu nomor 2, maka kamu sama seperti kebanyakan orang dan itu wajar. Jadi buatlah judul yang bukan hanya sekedar menarik, tapi juga berpotensi untuk diklik ya.

3. Gunakan minimal 1 gambar
Perlu sobat ketahui nih, artikel tanpa gambar itu akan terasa hampa bagi admin dan pastinya bagi pembaca sih. Kenapa bisa begitu ? karena pada dasarnya pembaca itu membutuhkan visual agar memudahkan dalam membaca. Selain itu, gambar dalam konten juga bisa meningkatkan potensi klik loh. Makanya setidaknya buatlah satu gambar yang menarik untuk dilihat dan diklik ya.
.
Nah itulah 3 cara simple yang bisa sobat perhatikan dan lakukan sebelum membuat konten. Selanjutnya kita akan menuju ke fase dua yaitu fase setelah menerbitkan konten.
--- --- --- --- --- ---
Fase 2 - Setelah Menerbitkan Konten
Fase ini dimulai setelah sobat memposting konten di blog dengan memperhatikan 3 tips sebelumnya ya. Jika memang sudah, sekarang kita fokus ke fase kedua yang lebih menekankan stragegi promosi konten kita.
.
1. Masuk grup facebook dan share disana
Ini merupakan cara yang cukup simple karena sobat hanya perlu gabung dengan grup yang terkait dengan konten atau komunitas terkait. Nah jika sudah bergabung, maka tidak ada salahnya bagi sobat untuk share artikelnya di grup tersebut. Jangan khawatir dikira spam ya, karena dengan sobat masuk ke grup tersebut sebenernya sobat sudah masuk pada positioning yg tepat. Berbeda lagi ceritanya jika sobat share postingan di sosmed yang general, karena bisa dianggap spam oleh mereka hhe.
.
2. Inspeksikan url di google search console
Cara gampangnya sobat hanya perlu ke google search console dan inspeksikan url postingan sobat tersebut dengan cara copas url ke inspeksi url di google search console. Gunanya untuk apa sih ? Agar postingan sobat bisa cepat diindeks oleh google. simple ya hhe .
.
3. Aktif di forum tanya jawab
Disini yang perlu sobat lakukan adalah memposisikan diri sebagai penjawab dari pertanyaan-pertanyaan yang ada diforum tersebut. Kenapa harus sebagai penjaab ? Karena itu akan meningkatkan trust kepada si penanya dan sobat bisa memasukkan link url dari postingan sobat sebagai penunjang jawaban kepada si penanya.
.
Berikut 6 cara sederhana yang sobat bisa lakukan untuk menaikkan jumlah visitor/pengunjung blog secara konsisten dan mudah tentunya. Cara ini pun saya pakai kok dan berhasil, karena kalo tidak berhasil saya tidak akan posting ini hhe.
.
Saran untuk par blogger pemula, jangan terlalu merumitkan diri untuk mempelajari banyak hal di dunia blog karena semuanya butuh proses dan waktu sesuai dengan pengalaman yang sobat miliki. Nah cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share jika artikel admin bermanfaat ya :)