Pentingnya Portofolio dalam melamar kerja

Saling Sharing Info - Halo sobat sharing, kali ini admin akan membahas mengenai pentingnya mencantumkan portofolio saat kamu melamar kerja. Admin bukan tanpa alasn loh. Beberapa hari terakhir admin dapat info dari beberapa teman, khususnya mereka para recruiter. Dari info tersebut, ternyata sudah mulai cukup banyak HRD di beberapa perusahaan yang aware akan pentingnya portofolio bagi pelamar kerja.
.
Ada beberapa alasan sih mengapa portofolio dirasa penting bagi mereka. Oleh karena itu admin akan bahas dari dua sisi mengenai alasan pentingnya mencantumkan portofolio, yaitu dari sisi perusahaan yang membutuhkan dan dari sisi pelamar kerja yang menyediakan.

Dari Sisi Perusahaan

1. Mengamati pencapaian yang pernah diraih pelamar
Ketika perusahaan melakukan seleksi calon pegawai, tentunya mereka membutuhkan banyak informasi terkait pelamar. Salah satu jenis informasi yang cukup diperlukan adalah segala macam pencapaian yang telah diraih oleh pelamar serta pengalaman terkait. Nah untuk melihat dan mengamati segala pencapaian tersebut, maka pihak perusahaan menjadikan portofolio sebagai acuan utama.  
.
2. Mengecek kecocokan skill dan pekerjaan yang ditawarkan
Bagi perusahan, portofolio akan menjadi bahan utama untuk mengecek kemampuan pelamar dengan pekerjaan mereka nanti. Dari sisi ini, perusahaan bisa memanfaatkan info penting atau bahkan kelebihan-kelebihan dari si pelamar demi menutupi kekurangan yang ada diperusahaan. Admin sendiri sudah mengalami kejadian seperti ini dimana pihak perusahaan memanfaatkan beberapa keahlian admin untuk membantu divisi lain disamping jobdesc yang sudah diberikan hhe.
.
Baca Juga : Faktor yang mempengaruhi gaji karyawan
.
3. Menentukan besaran gaji sesuai kapasitas kemampuan
Biasanya perusahaan sudah menentukan besaran gaji minimal yang akan diberikan pada calon pekerjanya. Namun, besaran gaji tersebut dapat bertambah sesuai dengan kapasitas kemampuan pelamar kerja. Nah portofolio ini bisa dijadikan acuan untuk menentukan apakah gaji yang ditawarkan sudah sesuai atau belum. Disamping itu, perusahaan juga tidak mau salah dalam mengambil keputusan dalam merektut karena bisa jadi pelamar tersebut sangat potensial dan untuk mencegahnya lepas, maka cara yang umum adalah menaikkan gajinya diatas gaji minimal perusahaan

Dari Sisi Pelamar

1. Untuk memotivasi diri
Jika kamu senang menyusun portofolio sejak lama, maka akan ada motivasi intern didirimu untuk selalu menambah pencapaian-pencapaian baru lainnya yang terkait serta bisa sebagai bahan evaluasi diri.
.
2. Untuk mengukur kemampuan diri
Tahukah kamu bahwa portofolio merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengukur kemampuan diri yang sebenarnya. Bisa jadi sebenarnya kamu punya potensi yang sangat besar tapi selama ini tidak sadar akan potensi tersebut. Bisa juga sebaliknya, kamu sudah merasa memiliki kemampuan yang tinggi dan mendalam, namun ketika melihat portofolio yang dibuat, ternyata masih banyak yang belum dikuasai dengan maksimal. Dengan begitu kamu bisa menilai diri sendiri secara obyektif
.
3. Melatihmu untuk pandai mendesign agar terlihat menarik
Membuat portofolio sendiri itu bisa melatih serta membantu mengimprovisasasi kemampuan mendesainmu loh. Meski sederhana dan tingkatan pemula, tapi pengetahuanmu akan bertambah seiring waktu karena mulai memahami bahwa banyak jenis desain yang bisa dijadikan pilihan dalam pembuatan portofolio.
.
4. Membiasakan diri untuk mengarsipkan karya dan pencapaian
Saat membuat portofolio, secara otomatis maka kamu akan mengumpulkan berbagai pencapaian yang pernah dibuat. Hal ini tentu menguntungkan karena dengan begini kamu akan memiliki arsip yang rapi dan runut. Sebagai contohnya jika kamu adalah seorang design vektor, maka kamu dapat mengarsipkan karya-karya terbaikmu untuk dimasukkan ke portofolio.
.
Baca Juga : Hal yang membatmu tak kunjung mendapat kerja
.
Nah itulah alasan mengapa portofolio begitu penting dalam melamar kerja saat ini. Bagi perusahaan sudah jelas mereka membutuhkan informasi yang akurat demi menemukan calon pegawai yang tepat. Sedangkan bagi pelamar harus menyediakan dan meyakinkan perusahaan dengan portofolionya.
.
Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.